Senin, 10 Desember 2012

MANUSIA CERDAS DAN PENDIDIKAN FORMAL

SIAPA ORANG PALING CERDAS DI DUNIA ??? 
DAN BAGAIMANA PENDIDIKAN FORMAL MENCIPATAKANNYA ???

Manusia Paling Cerdas ? 
SUATU hari sahabat Umar bin Khattab duduk bersama Rasulullah SAW. Kemudian datanglah seorang sahabat Anshar. Seraya memberi salam ia berkata: “Wahai Rasulullah, mukmin yang seperti apa yang paling utama?”. Beliau menjawab:”Yang paling baik akhlaknya”.

Sahabat itu bertanya lagi: 
“Mukmin seperti apakah yang paling cerdas?” Beliau menjawab: “Muslim yang paling cerdas adalah yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik mempersiapkan diri untuk sesudah kematian itu, mereka itulah orang-orang yang cerdas”(diriwayatkan oleh Imam al-Qurtubi dalam al-Tadzkirah fi Ahwal al-Mauta wa Umuri al-Akhirah).

Bagaimana Pendidikan Formal mencitakannya ?
ini kaitannya dengan pendidikan karakter bangsa. semestinya pendidikan formal turut mengembangkan indikator kecerdasan ini "mengingat kematian" dalam proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. "mengingat kematian" adalah hal yang sulit untuk diukur pada peserta didik namun pengaruhnya sangat besar dan nampak pada tingkah laku positif dalam kehidupan sehari-hari. pengaruhnya sangat besar sebab kekuatannya bersifat transenden bahwa setiap manusia akan menemui kematian dan mempertanggungjawabkan atas apa yang telah dilakukannya. Pendidikan mengingat kematian diselipkan pada proses pembelajaran di momen yang tepat. pendidikan ini mesti digalakkan di tingkat SD, SMP, SMU, dan Perguruan Tinggi agar membekas dan memberikan kesan yang berarti dan kontinyu dan diharapkan kelak menjadi bekal dalam mengarungi kehidupan nyata maupun tidak nyata. ini semestinya menjadi perhatian pemerintah. bagi yang baca, silahkan terapkan di kelasnya masing-masing (guru) dan dakwahkan (guru dan non guru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar